4 Jenis Kayu yang Dimanfaatkan Dalam Pembuatan Kursi Minimalis Ruang Tamu

Kursi Ruang Tamu Minimalis

Memiliki kursi minimalis ruang tamu adalah keharusan bagi Anda yang mempunyai rumah berkonsep minimalis. Bukan tanpa alasan, sebab ketika rumah mengusung konsep rumah minimalis, maka sudah pasti ruangan-ruangan di dalamnya juga menerapkan konsep yang sama, yakni minimalis. Oleh karenanya, perabotan maupun interiornya juga harus berdesain minimalis agar selaras dengan konsep rumah itu sendiri.

Hari ini sudah banyak model kursi minimalis yang bisa dijadikan pilihan. Semua model kursi tersebut tentu saja mempunyai keunggulan masing-masing. Namun tetap saja, fungsi kursi itu sendiri pastilah menjadi prioritas, yaitu sebagai tempat duduk yang nyaman. Untuk mendapatkan kursi minimalis ruang tamu yang tepat, diperlukan beberapa pertimbangan sebelum membelinya.

Kursi Ruang Tamu Minimalis

Salah satu pertimbangannya adalah dari segi bahan kursi minimalis. Apabila ingin membeli kursi kayu, Anda pun harus tahu betul kualitas kayu yang digunakan. Lebih lengkapnya berikut akan kami ulas mengenai beberapa jenis kayu yang umumnya dijadikan bahan dasar pembuatan kursi.

  1. Kayu Mahoni

Kayu mahoni adalah salah satu jenis kayu yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kursi. Tekstur kayu ini cukup halus, kayu ini semakin indah karena memiliki serat bercorak merah muda atau tua. Harganya juga relatif terjangkau dibandingkan kursi dari kayu jati.

Meski harganya terjangkau, namun kualitasnya juga bagus. Jadi cocok dipilih bagi Anda yang ingin mempunyai kursi berkualitas tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Kayu mahoni ini sering digunakan untuk membuat kursi, meja, dipan, lemari, pintu dan lainnya.

  1. Kayu Jati

Bicara tentang kayu, maka kayu jati tetap menjadi primadonanya. Yup, kayu jenis ini memang menempati posisi pertama karena kualitasnya terbaik. Kayu yang memiliki sifat awet dan keras ini juga mempunyai pola serat dan tekstur yang indah. Inilah mengapa furniture berbahan kayu jati sering dipilih jika ingin menghadirkan nuansa elegan dan mewah.

Selain itu, kayu jati ini juga mempunyai kandungan minyak sehingga tahan akan ancaman jamur, serangga atau rayap. Kendati harganya mahal, nyatanya banyak yang memburu furnitur berbahan jati. Jika Anda ingin memiliki kursi ruang tamu yang awet dan elegan, maka kursi berbahan kayu jati dapat menjadi rujukan.

  1. Kayu Sengon

Kayu sengon ini juga dikenal dengan sebutan kayu albasia. Kayu jenis ini banyak digunakan oleh pengrajin sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam perabotan; kursi, meja, peti, pintu dan lain sebagainya.

Sayangnya kayu sengon ini bertekstur kasar dan memiliki bau tidak sedap ketika kayu masih dalam kondisi basah. Meski begitu bau ini akan memudar setelah kayu berangsur mengering.

  1. Kayu Pinus

Kayu ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan mebel. Kayu pinus juga dikenal dengan sebutan kayu jati Belanda. Hal ini karena kayu pinus mempunyai motif yang bagus layaknya motif yang dimiliki kayu jati. Bedanya, kayu ini harganya jauh lebih terjangkau dari kayu jati yang asli.

Kayu pinus bertekstur halus, mudah dibentuk dan mudah diproses. Sayangnya kayu ini rentan terhadap jamur, alhasil perabotan berbahan kayu pinus ini mudah lapuk.

Demikianlah 4 jenis kayu yang sering dijadikan bahan dasar pembuatan perabotan rumah. Setiap jenis kayu mempunyai keunggulan masing-masing, pastikan Anda memilihnya dengan hati-hati agar bisa mendapatkan kursi ruang tamu minimalis sesuai keinginan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.