Ketahui Deformitas Lutut sebelum Total Knee Replacement

Dilansir dari dokter.my, dokter hanya akan melakukan operasi TKR jika terjadi tanda-tanda tertentu. Biaya operasi TKR itu sendiri minimal 70 juta Rupiah. Salah satu tanda yang terlibat operasi adalah deformitas tulang dan sendi pada lutut. Untuk mengetahui tanda tersebut secara lengkap, pahami hal-hal berikut ini.

TKR

Terjadi Karena Bawaan Lahir

Deformitas lutut itu sendiri merupakan kelainan serta trauma terhadap sistem tulang pada lutut. Salah satu penyebabnya adalah karena sudah bawaan dari lahir. Bisa berupa aplasia, displasia, serta duplikasi. Aplasia merupakan kondisi saat tulang tidak memiliki sumsum sama sekali. Hasilnya, individu tidak bisa memproduksi sel darah merah sama sekali.

Diakibatkan oleh Kelainan Penyembuhan Fraktur

Penyembuhan fraktur sering disebut dengan penyembuhan patah tulang. Ini artinya deformitas tulang yang terjadi karena sudah pernah melakukan operasi sebelumnya. Hasil akhir dari penyembuhan fraktur adalah memodel ulang pada tulang yang patah. Tentu saat terjadi deformitas tulang, wajib melakukan penggantian sendi secara total.

Adanya Gangguan terhadap Lempeng Epifis

Gangguan ini bisa dikarenakan trauma akibat benturan dan semacamnya. Bisa pula dikarenakan bawaan sejak lahir. Hal ini mungkin bisa berdampak pada biaya operasi TKR yang dijalankan oleh tim medis Dr. Wong Chung Chek dan Dr. Lee Woo Guam. Meskipun minimal 70 juta Rupiah, bisa bertambah kalau kasusnya parah.

Lempeng epifis itu erat kaitannya dengan pertumbuhan manusia. Kalau masih terbuka, maka masih ada kemungkinan untuk tumbuh tinggi. Biasanya tertutup ketika menginjak usia 20 tahun atau 21 tahun. Gangguan lempeng epifis ini juga bisa terjadi di seputar lutut. Oleh karena itu, perlu sekali proses operasi Total Knee Replacement kalau terjadi gangguan.

Terjadi Akibat Pembengkakan Abnormal pada Tulang

Pembengkakan yang terjadi pada saat deformitas tulang adalah rakitis dan osteomalasia. Rakitis merupakan kelainan yang sudah terjadi pada waktu menginjak usia kanak-kanak. Kemungkinan besar disebabkan oleh kurangnya suplai vitamin D sebagai pembentuk sekaligus membantu tumbuhnya tulang.

Kalau dibiarkan hingga dewasa, bisa menyebabkan deformitas pada lutut dan wajib dioperasi kalau ingin berjalan secara normal. Sedangkan osteomalasia merupakan nama lain dari tulang lunak. Alhasil sangat rentan terhadap pembengkokan maupun pengerasan pada tulang. Efek samping yang paling mengkhawatirkan adalah saat penderitanya tidak bisa jalan.

Terjadi Pertumbuhan Berlebihan pada Tulang Matur

Struktur tulang itu sebetulnya ada 2 macam, yaitu tulang matur dan tulang imatur. Pada tulang matur, terdapat daya tampung kalsium yang berfungsi untuk pertumbuhan tulang itu sendiri. Di sana ada pula mineral lain. Kalau pertumbuhannya berlebihan, sedangkan daya tampungnya sangat terbatas, rupanya bisa menyebabkan deformitas pada tulang.

Terjadi akibat Tekanan Eksternal

Kalau yang tadi lebih fokus pada masalah internal, sekarang lebih ke eksternal. Deformitas tulang merupakan gangguan serius yang terjadi pada lutut manusia. Ketika siapa pun mengalami benturan, infeksi, maupun peradangan akibat benda luar yang masuk, wajib ditangani dengan operasi.

Operasi Total Knee Replacement sangat efektif sebagai solusi atas kesembuhan penderita deformitas tulang di lutut. Bahan-bahan yang digunakan oleh tim medis terdiri dari kobalt, titanium, dan senyawa plastik. Hasil dari operasi tersebut mampu bertahan lebih dari 20 tahun lebih. Tentu sangat bagus untuk menunjang kebutuhan aktivitas sehari-hari Anda.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.