Ingin Beli Coklat Tapi Bingung dengan Ingin Beli yang Mana? Cek Disini Yuk!

Produksi cokelat Indonesia yang diproses menjadi makanan dan minuman mampu menembus pasar ekspor, sehingga peluang tersebut diharapkan para petani untuk terus meningkatkan produksinya. Produksi cokelat Indonesia dengan bangga mampu menembus pasar dunia, bahkan cokelat yang telah diolah menjadi makanan dan minuman itu menjadi primadona masyarakat mancanegara.

Indonesia sebagai penghasil biji cokelat kelas dunia, maka dibutuhkan pengalaman yang memadai agar hasilnya berkualitas dan memiliki nilai jual untuk dipasarkan menjadi premium berskala internasional.Lebih lanjut, kualitas cokelat yang dihasilkan oleh Indonesia justru memiliki keunggulan tersendiri, karena penyebaran biji kakao di Nusantara yang memiliki ciri khas masing-masing.

Pilihan jenis coklat untuk bahan pembuatan kue memang bukan perkara hal mudah, tetapi banyak faktor yang membuat para cookers bakery diantaranya: rasa coklat tidak getir pada saat di makan, rasa coklat yang sesuai, harga jual yang tidak terlalu tinggi tetapi tetap berkualitas baik. Di pasaran atau supermarket banyak sekali yang menjual berbagai jenis coklat dan jenis-jenis coklat yang pasti dengan kualitas yang berbeda.

Coklat Colatta TOKOWAHAB

Coklat sendiri sebenarnya tidak hanya memiliki 1 atau 2 jenis saja. Ada banyak sekali jenis serta tipe coklat yang perlu anda ketahui. Apa saja? Berikut ini macam jenisnya :

Milk

Coklat dengan berbau susu ini merupakan campuran dari gula, cocoa butter, coklat cair, susu dan vanilla. Jenis untuk coklat ini paling banyak dikonsumsi karena rasanya yang manis dan disukai banyak anak-anak. Coklat satu ini paling enak untuk disantap langsung dibandingkan untuk membuat kue.

Courverture

Jenis coklat ini disebut dengan “real chocolate” oleh para penggemar cokelat sejati. Coklat jenis ini memiliki rasa “fruity” yang agak pahit namun unik karena langsung meleleh didalam mulut. Kandungan dalam coklat couverture adalah cocoa mass dan cocoa butter serta gula yang pahit manisnya tergantung dari keseimbangan antara jumlah real chocolatenya dengan gula.

Compund

Coklat compound ini hampir sama dengan couverture chocolate, namun cocoa butter tadi digantikan dengan lemak nabati lain seperti minyak kelapa atau soya. Rasa dari compound coklat cenderung semi-sweet atau sweet karena banyak yang mengatakan kalau coklat pahit itu bukan coklat. Coklat compund sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu Dark chocolate compund, Milk chocolate compound dan White chocolate compound. Dan colatta termaksud jenis coklat compund, jenis coklat ini sangat cocok untuk coklat yang berada di iklim tropis karena tidak cepat meleleh atau mencair.

Plain

Coklat untuk jenis ini bisa digunakan untuk kue, cake dan lain-lain yang memiliki presentase massa kakao bervariasi antara 30 % – 70 %. Jika semakin tinggi konsentrasi massa kakao semakin baik flavornya.

 

Coklat Bubuk

Coklat bubuk memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak berjamur. Jenis lain dari coklat bubuk memiliki kepekatan sedang atau coklat bubuk yang mudah ditemukan di pasar. Coklat bubuk ini terbuat dari ampas biji coklat yang dipisahkan lemak coklatnya. Demikian merupakan jenis dan tipe coklat yang perlu anda ketahui para pecinta chocolate. Jika ingin membuat kue atau cake sebaiknya gunakan saja coklat compound Gandum Mas yang rasanya khas dan berbeda dibandingkan lainnya.

Merek yang beredar di pasaran mulai dari coklat Colatta, Tulip dan Mercolade. Untuk harga coklat colatta relatif terjangkau untuk ukuran coklat yang banyak di rekomendasikan untuk membuat kue, minuman dan semua jenis makanan berbahan baku coklat. Coklat colatta murah terkesan coklat yang tidak terkenal di kalangan masyarakat, tetapi kualitas sudah tidak perlu di ragukan lagi.

 

 

 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.