7 Cara Mencuci Baju Kaos Yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Dari sekian banyak jenis pakaian yang kamu punya, pasti yang paling banyak adalah baju kaos?! Ya, selain nyaman digunakan, baju kaos juga tidak membuat gerah meski cuaca sedang panas. Saking seringnya dipakai dalam kegiatan sehari-hari, membuat baju kaos otomatis juga sering dicuci.

Cuci Kaos

Jika kamu ingin baju kaos milikmu awet dan tahan lama meski sering digunakan, lakukan 7 tips mencuci baju kaos yang benar seperti pada berikut ini:

1. Jangan Rendam Terlalu Lama

Jika kamu punya kebiasaan merendam cucian terlebih dahulu sebelum benar-benar mencucinya, usahakan untuk tidak merendam terlalu lama. Baju kotor yang terendam lama dalam air detergen, selain akan menimbulkan bau apek juga dapat membuat warna baju kaos cepat luntur. Apalagi jika terdapat gambar sablon baju  pada baju kaos tersebut, tidak menutup kemungkinan bisa mengelupas pada area sablon.

2. Kumpulkan Baju Yang Sewarna

Sebelum merendam atau memasukkan baju kaos yang kotor dalam air, pisahkan terlebih dahulu warna baju. Kumpulkan baju yang sewarna misalnya putih. Hindari mencampurkan baju kaos putih dengan warna lain karena dikhawatirkan ada baju yang luntur dan mengenai baju lain. Kamu tentu tidak ingin baju kaos kesayangan kamu jadi jelek akibat kena luntur? So, pastikan untuk berhati-hati saat mencuci.

3. Pisahkan Dari Pakaian Yang Kotor Sekali

Pada sebagian cucian baju kotor, mungkin ada beberapa lembar baju yang kotor sekali seperti terkena lumpur. Nah, untuk itu sebaiknya pisahkan baju yang kotor sekali dengan yang tidak. Untuk jenis cucian kotor seperti baju yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, dimana kotor hanya disebabkan oleh keringat dan debu, kamu bisa langsung mencucinya tanpa perlu merendam.

4. Lakukan Pencucian Dengan Lembut

Agar warna dan desain gambar print kaos pada baju tetap awet, lakukan pencucian dengan lembut. Jika menggunakan mesin cuci, pilih mode normal atau yang putaran mesin cucinya sedang. Hindari menggunakan sikat dengan tekstur yang keras karena ini bisa membuat kain baju kaos cepat rusak.

5. Gunakan Pengering

Ada baiknya menggunakan pengering pada mesin cuci untuk memaksimalkan memeras air yang masih ada pada baju kaos usai dicuci. Hal ini bertujuan agar baju cepat kering meski tidak terkena sinar matahari langsung. Jadi, cukup diangin-anginkan saja, biasanya baju sudah kering dalam beberapa jam saja dan bisa dipakai kembali.

6. Jemur Baju Terbalik

Saat menjemur, hal yang perlu diperhatikan adalah cara menjemurnya. Agar warna pada bagian luar baju kaos tidak cepat pudar, balik baju saat menjemur pakaian. Terlebih jika baju kaos tersebut berwarna terang seperti merah, kuning dan biru.

7. Hindari Sinar Matahari Langsung

Tips yang terakhir yaitu menghindari menjemur baju kaos terkena sinar matahari langsung. Efek sinar matahari yang panas dapat membuat kain terlalu kering sehingga menyebabkan cepat lapuk atau cepat sobek, selain itu warna pada baju juga mudah pudar.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.