5 Keuntungan Transaksi Non Tunai Tanpa Repot Harus Bawa Dompet Tebal

Kemudahan transaksi non tunai kini mulai dirasakan oleh beberapa orang terutama untuk transaksi melalui marketplace ataupun untuk transaksi digital lainnya. Bahkan kini transaksi non tunai digunakan untuk melakukan pembayaran tol, tiket bus transjakarta, tiket commuter line,  maupun tiket kereta bandara.

Meskipun awalnya terdapat penolakan dari beberapa pihak, transaksi non tunai lambat laun mulai diterima sebagai salah satu alternatif pembayaran. Bagi para pengguna transportasi daring pun kini sudah terbiasa dengan menggunakan pembayaran digital dengan melakukan top up terlebih dahulu.

Transaksi Non Tunai

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh transaksi non tunai. Berikut adalah beberapa keuntungan transaksi non tunai dalam kehidupan sehari-hari.

Sangat Praktis

Pembayaran non tunai sangat praktis karena tidak perlu membawa banyak uang di dompet. Hanya dengan menggunakan satu kartu ataupun menggunakan pembayaran digital menggunakan smartphone, pengguna tetap bebas melakukan pembayaran seiring dengan infrastruktur dan sistem pembayaran non tunai yang mulai merata di Indonesia terutama di beberapa kota besar.

Praktis, kaum urban di Jakarta kini sudah terbiasa menggunakan transaksi non tunai sehingga tidak perlu membawa uang fisik. Hanya dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit dan kartu pembayaran non tunai, sekarang tak perlu khawatir lagi ketinggalan dompet. Yang penting membawa semua kartu pembayaran dan smartphone saja sudah cukup aman melakukan transaksi non tunai di kota besar seperti di ibu kota Jakarta.

Tidak  Perlu Khawatir Tercecer

Salah satu yang cukup merepotkan ketika membawa uang tunai di dalam dompet ataupun uang berupa koin adalah mudah tercecer. Kadang-kadang juga kerap kali lupa menyimpan uang karena terpisah-pisah.

Dengan menggunakan uang non tunai, tidak perlu lagi khawatir tercecer. Apalagi setiap melakukan transaksi selalu disertai bukti sehingga kita bisa melihat saldo yang tersisa dan pengeluaran yang digunakan untuk melakukan pembayaran.

Dengan begitu, semua transaksi bisa tercatat dengan baik tanpa repot harus mencatat pengeluaran. Hal tersebut bisa sangat membantu ketika traveling. Utamanya saat traveling ke luar negeri ke negara yang sudah menerapkan pembayaran non tunai sebagai transaksi utamanya.

Transaksi Aman

Transaksi non tunai cukup aman dan dijamin oleh lembaga penjamin seperti penerbit kartu maupun lembaga pengawasan keuangan atau lembaga pengawas perbankan. Sekalipun terjadi kebocoran yang bukan disebabkan oleh nasabah, pihak bank akan menjamin semua saldo aman dan akan diganti oleh bank jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Penggunaan kartu debit dan kartu kredit kini juga memiliki teknologi yang lebih canggih lagi dengan menggunakan chip khusus sehingga tidak mudah dipindai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Soal transaksi digital, tak perlu khawatir karena saat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur one time password (OTP) yang langsung mengirimkan konfirmasi angka unik ke smartphone pemilik kartu kredit.

Semua Pengeluaran Tercatat dengan Baik

Salah satu keunggulan transaksi non tunai adalah pengeluaran tercatat secara tertulis dalam bentuk struk maupun dalam bentuk laporan digital. Misalnya dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit, pengguna dapat dengan mudah melihat histori transaksi yang sudah dilakukan. Dengan begitu merekap pengeluaran tiap bulan pun menjadi lebih mudah karena semua pengeluaran tercatat dengan baik.

Lain halnya jika masih menggunakan pembayaran tunai untuk berbelanja di pasar yang kadang-kadang terjadi selisih pencatatan pengeluaran. Meskipun hal kecil namun akan membuat pencatatan menjadi kurang lengkap.

Dapat Ddigunakan untuk Transaksi Secara Online

Transaksi secara daring kini sudah semakin banyak digunakan oleh para pengguna untuk berbagai kebutuhan. Misalnya dengan membeli barang di toko online, membayar tagihan listrik atau pembelian token listrik sampai dengan membayar tagihan telepon yang dilakukan setiap bulan.

Menurut salah satu pemberitaan di media online bahwa transaksi online pada tahun 2017 sudah mencapai hingga 18,611 miliar dollar Amerika. Artinya saat ini pembayaran secara digital memang menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Angka tersebut akan terus meningkat pada tahun berikutnya mengingat saat ini baru sekitar 4% saja dari seluruh penduduk Indonesia yang memiliki kartu kredit. Bahkan masih dalam pemberitaan yang sama, ada sekitar 64% penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun yang belum terjangkau produk perbankan.

Mungkin penetrasi kartu kredit di Indonesia memang masih kecil jumlahnya. Tak heran, proses pengajuannya juga membutuhkan proses panjang dan memakan waktu yang tak sebentar. Belum lagi tak semua pengajuan nasabah bisa diterima. Meski demikian, saat ini perusahaan pemberi KTA tanpa kartu kredit online seperti Kredivo sudah memberikan solusi untuk masalah tersebut. Meskipun masih banyak yang belum memiliki kartu kredit, saat ini sudah ada alternatif seperti kredit instan online tanpa kartu kredit yang ditawarkan oleh Kredivo. Bukan hanya menjadi pembayaran non tunai yang praktis, kemudahan yang ditawarkan KTA tanpa kartu kredit memang sangat menarik bagi banyak orang yang membutuhkan dana segar untuk beragam keperluan. Umumnya, KTA dikenal sebagai produk pinjaman tanpa jaminan yang prosesnya membutuhkan kepemilikan kartu kredit, berbagai dokumen data diri, hingga proses survei yang memakan waktu.

Namun sekarang, seiring dengan perkembangan inovasi kredit, muncul KTA tanpa kartu kredit yang prosesnya lebih cepat, syaratnya mudah, bahkan tanpa survei dan pengajuannya online. Mengajukan kta tanpa kartu kredit untuk melakukan pembelian barang elektronik maupun smartphone jauh lebih mudah melalui Kredivo karena lebih praktis dan syaratnya sangat mudah.

Dengan bunga ringan 2.95% pembelian gadget melalui Kredivo dapat dicicil dengan tenor 3, 6 sampai dengan 12 bulan. Kredit limit yang diberikan pun bisa mencapai maksimal 20 juta rupiah. Kta tanpa kartu kredit lewat Kredivo sangat aman karena menggunakan fitur keamanan OTP. Untuk mengetahui fitur dan promo yang ditawarkan oleh Kredivo bisa langsung mencari informasinya di sini.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.